Blog

3

Jan

2018

SOCIAL MEDIA MANAGEMENT TOOLS - PLANOLY

Posted by besteproject
SOCIAL MEDIA MANAGEMENT TOOLS - PLANOLY image

Social media merupakan suatu tools yang saat ini memiliki peranan penting dalam era digital, khususnya untuk mendukung aktivitas marketing dari suatu brand. Sangat penting bagi brand untuk mengerti pentingnya melakukan investasi pada social media seperti membuat konten yang menarik, simple copywriting, dan strategi dalam penggunaannya.

 

Salah satu social media yang paling banyak digemari di Indoenesia yaitu Instagram & Facebook. Menurut data dari riset Facebook yang kami dapat saat mengikuti workshopnya, pengguna Facebook di Indonesia saat ini adalah 115M dan 97% di antaranya mengakses melalui mobile. Sedangkan untuk Instagram di Indonesia memiliki pengguna sebanyak 45M dengan akses terbanyak melalui mobile dan fakta menarik yaitu jumlah insta story yang dilakukan pengguna Instagram di Indonesia sama dengan jumlah Insta Story yang ada secara global. Ini bisa juga dibilang sebagai target market yang siap diolah oleh brand kamu.

 

Pada artikel kali ini, tim kami ingin berbagi bagaimana untuk mempermudah local brand yang membutuhkan bantuan dalam me-manage akun instagramnya. Setelah beberapa bulan mencari tools management Instagram yang paling sesuai, kami akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Planoly. Sebelumnya, kami sudah mencoba beberapa tools lain seperti Unum, Buffer, Plann, dan Preview. But we can’t deny that we’re fallin love with Planoly for business use. Selain dari tampilannya yang sangat sesuai dengan Beste dan mudah digunakan, banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. And guess what, di tahun 2017 Planoly sudah resmi sebagai salah satu partnership dari Instagram which is makes us feel more safe!

 

Things we like:

  • Free download di awal mencoba aplikasi serta free upload 30 foto & plan untuk mencoba
  • Fitur upload, drag and drop nya sangat mudah digunakan
  • Mudah dalam melakukan schedule post dan penerimaan notifikasi saat waktu yang telah kita set tiba
  • Sudah terdapat fitur plan untuk insta story, whic is great!
  • Harga plan yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan
  • Fitur track dan membalas comment melalui desktop
  • Basic analysis tools yang menujukkan jumlah likes dari setiap foto dan menunjukkan lima foto teratas yang paling banyak mendapatkan likes dan comment
  • Monthly calender di dashboard is a really great tracking!
  • Fitur hashatag, users, dan repost images yang langsung menuju pada halaman instagram

 

Things to consider:

  • Tidak terdapat editing tools selain cropping
  • Limited tools saat kita belum melakukan upgrade plans

 

Untuk Beste sendiri sekarang ini sedang mencoba menggunakan fitur basic Solo yaitu $9/bulan dengan fitur untuk 1 akun instagram, unlimited uploads, 1 tahun analitik. Terdapat plan lainnya yaitu Duo, Squad, dan Team, yang memungkinkan kalian untuk me-manage lebih dari satu akun instagram dengan beberapa user dan full analisis. It’s your choice depends on brand needs & budget, bisa juga digunakan untuk akun instagram personal. Saran dari tim kami bisa juga untuk mencoba free plan dan aplikasi lainnya untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

Sharing is caring! Let’s get planning!

3

Jan

2018

HOW TO START A FASHION LOCAL BRAND

Posted by besteproject
HOW TO START A FASHION LOCAL BRAND image
Pernah berfikir untuk mewujudkan passion menjadi suatu usaha? Atau mungkin banyak di antara kalian yang punya ide kreatif, bakat desain, dan berkeinginan untuk membuat local fashion brand. Dengan berkembangnya dunia digital, industri fashion di Indonesia pun semakin berkembang dan tidak sedikit brand-brand baru yang bermunculan. Banyak yang memberikan pertanyaan kepada tim Beste, bagaimana sih awalnya membuat brand baju sendiri atau banyak juga yang cerita bahwa takut untuk memulainya. Berikut ini kita mau share tips-tips untuk awal membuat brand terbaru.
  
LEARN TO START WITH WHAT YOU HAVE
Here’s a little secret from us. Kamu tau ga sih kalau banyak brand yang sebenarnya dimulai dengan “coba-coba” dan akhirnya bertahan. Nah, tapi jangan jadikan formula ini sebagai patokan ya, hanya saja yang perlu ditiru adalah keberanian untuk memulai, mengambil resiko, dan belajar sambil menjalankan. Disaat kamu yakin untuk mencoba dan memulai, kamu bisa mulai membuat business plan dan timeline untuk usaha kamu ini.
 
BRAND CONCEPT
Konsep dari brand yang ingin kamu bangun ini sangat penting, bangun lah konsep brand dengan fondasi yang kuat. Kalau kamu ingin membuat brand fashion, mulailah brainstorm di awal nantinya akan fokus menjual apa. Misalnya, jika kamu memiliki modal dan sumber daya manusia yang cukup, kamu bisa membuat product baju ready to wear, setelah itu bisa di spesifikkan lagi apakah baju RTW ini nantinya lebih ke arah daily atau chic. Dalam memulai brand, bisa hanya dimulai dengan kamu sendiri sebagai founder  ataupun bersama teman/partner. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, apabila kamu memulai brand ini dengan teman/partner pastikan sudah memiliki pembagian tugas yang jelas sedari awal dan juga kontrak perjanjian.

Kalu kamu memiliki sumber daya dan modal terbatas atau lebih ingin men-spesifikkan produk kamu, kamu bisa membuat misalnya; all about black dress, outer only, vintage clothes, custom clothes, party dress, cocktail dress dan lainnya.
 
Setelah menentukan hal diatas, beberapa hal penting lain diantaranya adalah:
  • Nama brand & logo: pastikan kamu memilih nama brand yang menggambarkan konsep di atas dan juga logo yang mencerminkannya serta mudah diingat.
  • Brand/visual identity: ini seperti DNA dalam brand kamu yang bisa di apply di semua item branding kamu seperti logo, tag, merek, packaging, flyer, dan promo kit.
  • Brand story: kamu bisa menjual lifestyle dibandingkan hanya product. Brand yang memiliki konten kreatif biasanya memiliki engangement engangement yang lebih tinggi. Hal ini juga yang sampai sekarang masih kami coba pelajari dan dikembangkan.
  • 4P: Product, price, promotion, place. Buatlah ke empat komponen utama dalam marketing mix untuk menentukan brand strategi ke depannya. Riset harga dan kompetitor bisa menjadi salah satu cara yang tepat dalm membantu menentukan keempat hal di atas.
 
MARKETING PLAN
Sebagus apapun barang yang kita jual, jika tidak ada orang yang tahu bahwa barang itu ada, maka penjualan pun tidak akan terjadi. Mulailah dengan membuat plan untuk pemasaran yang akan kamu lakukakn.
Sebelum membuat marketing plan, tentukan terlebih dahulu target market yang sesuai dengan brand kamu. Misalnya; Target market kamu adalah wanita, berumur 18-25 tahun, berlokasi di kota-kota besar, SES A-B, pekerjaannya apa, tempat nongkrongnya dimana, kendaraan yang digunakan, hobi, dan lainnya. Semakin detail akan semakin mempermudah kamu nantinya.

Setelah itu, kami bisa menentukan channel penjualan yang akan kamu fokuskan di awal. Misalnya di enam bulan pertama kamu akan fokus pada instagram dan website, atau bisa juga ditambah dengan LINE@ dan Facebook.

Marketer yang baik juga akan aware terhadap tanggal-tanggal spesial, seperti Valentine, Lebaran, Natal, dan Harbolnas untuk menyiapkan materi promo atau edisi spesial dari koleksi kamu.

Untuk pembagian strategi, kamu juga bisa membagi marketing plan kepada online, offline, partnership, dan lainnya.

Sejalan dengan berjalannya usaha kamu, nantinya kamu bisa mendapatkan insight mengenai target market kamu yang paling banyak mengakses dan tertarik pada brand kamu, hal ini sangat membantu untuk membuat konten iklan yang relevan dan menentukan media pemasaran yang sesuai.

DECIDE YOUR VISION AND GOAL
Apakah brand ini ingin menjadi top of mind local brand di Jakarta dalam 5 tahun ke depan? Lalu setiap tahunnya pencapaian apa yang ingin kamu dapat untuk dapat mencapai long term goal tersebut. Dengan menulis ini akan membantu kamu untuk mendapatkan tujuan yang sudah kamu tentukan sedari awal. Dalam hal ini kamu harus bisa memposisikan diri sebagai desainer, yaitu bisa melakukan prediksi tren atau riset produk yang disukai dan juga berfikir sebagai pebisnis karna pada akhirnya yang dicari adalah revenue.

It’s oke to start while learning. Yang mau kami sampaikan disini reputasi itu didasarkan pada persepsi yang didirikan melalui waktu.


Kalau kalian tertarik dengan artikel ini, ingin mengetahui lebih detail, atau ada hal yang ingin ditanyakan bisa meninggalkan comment. Nantinya kami akan membahas lebih lanjut mengenai komponen penting dalam membuat fashion local brand & marketing plan. 

So, here's to a brighter 2018! Don't forget to try Ladies!